Cara mengobati Gatal eksim dengan ramuan tradisional alami

Jumat, 26 Januari 2018 | |


Cara mengobati Gatal eksim dengan ramuan tradisional alami--Gatal pada kulit dapat dimanifestasikan dalam berbagai gejala yang bervariasi, seperti ruam merah pada kulit, bintik-bintik kecil, kulit bersisik, tumbuh nanah atau bisul, dan sebagainya. Tempat tumbuhnya pun bervariasi, bisa pada area tertentu saja atau dapat menyebar di sebagian besar anggota tubuh. Untuk mengobati penyakit gatal tersebut, Anda dapat menggunakan obat-obat yang alami dan aman bagi kesehatan. Berikut ini adalah obat gatal pada kulit yang dapat Anda coba:

  • Ramuan kunyit, temulawak, dan sambiloto

Anda dapat menggunakan ramuan yang terdiri dari kunyit, temulawak, dan daun sambiloto untuk menyembuhkan gatal-gatal. Ramuan ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat gatal alergi. Caranya yaitu siapkan 20 gram kunyit, 30 gram temulawak, dan 10 gram daun sambiloto. Kupas kunyit dan temulawak, lalu cuci ketiga bahan tersebut sampai bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya secara teratur 2 kali dalam sehari.

  • Daun sirih dan kulit manggis

Untuk mengobati gatal pada kulit, Anda juga dapat menggunakan ramuan daun sirih dan kulit manggis. Cara membuatnya yaitu sediakan 20 lembar daun sirih, 100 gram kulit buah manggis. Cuci sampai bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah itu gunakan airnya selagi hangat untuk membasuh bagian kulit yang gatal.

  • Daun biduri

Cara membuat ramuan dari daun biduri untuk menyembuhkan gatal pada kulit yaitu siapkan daun biduri secukupnya lalu cuci sampai bersih dan dihaluskan/ditumbuk. Kemudian campurkan minyak kelapa secukupnya dan dioleskan pada kulit yang mengalami iritasi.

  • Daun salam

Daun salam dapat digunakan sebagai obat gatal pada kulit karena mempunyai zat antibiotik alami. Cara memakainya yaitu cari daun salam secukupnya, cuci sampai bersih, lalu dilumatkan atau dihaluskan dan tempelkan pada kulit yang gatal.

  • Daun mahkota dewa

Anda juga dapat menggunakan daun mahkota dewa sebagai obat gatal pada kulit yang ampuh. Cara menggunakannya yaitu siapkan daun mahkota dewa secukupnya, cuci menggunakan air bersih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu oleskan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan tersebut pada kulit yang gatal/iritasi maka akan segera sembuh.

  • Daun peppermint

Daun peppermint merupakan obat gatal pada kulit karena dapat menurunkan iritasi/peradangan dan pembengkakan. Selain itu daun peppermint juga dapat memberikan sensasi dingin dan rasa nyaman pada kulit. Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal menggosokkan daun peppermint pada area kulit yang mengalami gatal, tunggu beberapa saat supaya meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

  • Daun kemangi

Obat gatal pada kulit yang berikutnya yaitu daun kemangi. Daun kemangi mengandung zat yang bernama thymol sehingga efektif sembuhkan gatal-gatal. Cara memakainya, cari daun kemangi secukupnya, cuci sampai bersih, lalu gosok-gosokkan pada kulit yang mengalami gatal/iritasi.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan gatal pada kulit khususnya sebagai obat gatal alergi, sebab mengandung zat anti bakteri, anti jamur, dan antiseptik. Cara pemakaiannya yaitu teteskan cuka sari apel ke dalam kapas lalu oleskan pada kulit yang menderita gatal.

  • Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan obat gatal pada kulit yang efektif menyembuhkan kulit iritasi. Caranya yaitu cari daun lidah buaya secukupnya, lalu potong atau patahkan untuk diambil lendir/gelnya. Kemudian oleskan lendir/gel lidah buaya tersebut pada bagian kulit yang iritasi.

  • Tanah liat

Tanah liat ternyata juga dapat mengobati gatal pada kulit, terutama yang disebabkan karena gigitan serangga. Tanah liat mempunyai kandungan zat yang dapat menarik racun dari dalam kulit sehingga dapat menyembuhkan gatal dan mengurangi rasa sakit. Cara menggunakannya yaitu cari tanah liat secukupnya, taruh di dalam suatu wadah/mangkuk, lalu campurkan air ke dalamnya. Aduk tanah liat bersama air tersebut hingga membentuk pasta, tingkat kekentalannya kira-kira seperti pada selai kacang. Setelah itu oleskan campuran tanah liat tersebut pada kulit yang gatal, biarkan beberapa saat supaya kering, lalu terakhir bilas dengan air bersih.


Konsultasi gratis
WA : 0857-1558-5781
CALL/SMS : 0851-3040-6868 
BBM : 7E6C5F4D

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.